Sunday, September 16, 2012

Pidato Penebangan Hutan


Selamat pagi Pak Bachtiar dan teman-teman yang saya sayangi. Mari kita ucapkan. Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan kita kesehatan sehingga saya dapat berpidato hari ini.

Pada kali ini saya akan berpidato tentang penebangan hutan. Penebangan hutan merupakan salah satu masalah penting yang sering dialami di  berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Indonesia merupakan negara ketiga yang memiliki hutan terluas. Tetapi akhir-akhir ini hutan di Indonesia banyak di tebang  untuk dijadikan lahan perumahan dan bangunan - bangunan. Bahkan akhir-akhir ini lahan pertanian pun dijadikan lahan perumahan. Hal ini menyebabkan banyak terbunuhnya spesies-spesies flora dan fauna. Juga dapat menyebabkan masalah baru yaitu polusi dan dapat memperparah efek rumah kaca atau Global Warming. Maka terkadang kita pernah mendengar beruang menyerang perkampungan warga, itu merupakan salah satu bukti bahwa mereka kehilangan tempat tinggal. Penebangan pohon juga dapat menyebabkan tanah cepat longsor. Jadi akan lebih baik jika kita melakukan penghijauan. Setidaknya menanam satu pohon di pekarangan rumah. Selain sebagai ornamen taman, pohon juga dapat memberikan suasana sejuk karena pohon menghasilkan oksigen bersih yang baik bagi tubuh kita. Penelitian juga telah membuktikan bahwa kalau kita sering melihat sesuatu yang hijau-hijau seperti pohon, akan menyegarkan mata dari kepenatan. Kalaupun ingin menebang pohon dengan jumlah yang banyak akan lebih baik menukarkan pohon yang di tebang dengan pohon lain seperti penanaman kembali. Jadi kesimpulannya adalah janganlah menebang pohon secara liar dan tanamlah pohon di sekitar rumahmu.

Terimakasih karena sudah memberi saya kesempatan untuk berpidato di sini. Mohon maaf apabila ada kata – kata yang salah karena saya juga manusia yang tidak sempurna. Semoga pidato saya ini dapat berguna untuk kita semua. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment